Pentingnya Parenting

Hi.... kali ini saya akan membahas beberapa hal penting berdasarkan pengalaman penulis.
JIka kamu akan beranjak dewasa baik sedang berpacaran atau sedang jomblo, tolong simak baik-baik, tidakkah kamu pernah mendengar ada seorang artis di Indonesia yang mengatakan bahwa anak itu beban baginya sehingga dia belum siap atau tidak siap untuk memiliki keturunan. Dalam berumah tangga hal tersebut sah-sah saja dan wajar  dan tidak ada yang salah dalam menentukan pilihan. 
Beberapa poin penting telah saya rangkum dalam tulisan ini diantaranya:

1. Menikah/ berumah tangga itu pilihan, tidak ada yang melarang atau memaksamu pada umur sekian untuk menikah terkecuali tuntutan, desakan, dan faktor dari lingkungan. Selain itu juga menikah itu bukan suatu kewajiban, bagi sebagaian orang memutuskan untuk tidak menikah, ya.... kita harus tetap hargai keputusannya untuk tidak menikah dan menjalani pilihannya, sebagian lagi berpikir untuk menargetkan menikah pada usia sekian, ya... tidak ada yang salah dengan semua pilihan tersebut. 
Ada hal yang melatarbelakangi seseorang untuk memutuskan menikah atau tidak, satu sisi kemungkinan yang sering terjadi seseorang memutuskan untuk tidak menikah adalah karena trauma yang terjadi pada masa lampau, faktor keluarga, dan beberapa faktor lainnya. Jika ada seseorang yang memutuskan untuk tidak menikah, kita sebagai bagian dari lingkungan masyarakat harus menghargai dan menghormati keputusannya.

2. Menikahlah ketika siap bukan karena faktor usia tetapi siap secara mental dan komitmen sebagai sepasang kekasih untuk menjalin kehidupan bersama dan memutuskan untuk mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga bersama sampai maut memisahkan. Sekali lagi, menikah bukan suatu keharusan. 

3. Tanamkan mindset pada diri sendiri untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri bukan versi terbaik dari orang lain.

4. Pentingnya memiliki pola pikir menikah untuk menjadi bagian manunggal "menyatu" dengan pasangan, yang artinya harus menurunkan keinginan akan keakuan/ egosentris menjadi saling melengkapi dan menyatukan visi misi bersama untuk kehidupan bersama. 

5. Menikah itu tidak harus memiliki anak, betul... anak merupakan anugerah dan pemberian dari Tuhan, jika diberikan anak maka bersyukurlah tetapi jika tidak diberikan anak ya harus tetap bersyukur meskipun sulit. Satu hal yang harus diketahui apakah tujuanmu menikah hanya untuk memiliki anak? Sebagian orang memang begitu dan itu tidak salah dan sebagian orang lainnya tidak, dan itu juga tidak salah, yang salah adalah memutuskan sesuatu yang diri sendiri belum siap secara mental. Tanggungjawab memiliki anak itu besar.

6. Anak itu merupakan tanggungjawab orang tua dan merupakan anugerah dari Tuhan. Jika kamu memutuskan memiliki anak atau tidak, ketahuilah satu hal yang penting yaitu memiliki ilmu parenting itu sangat penting sehingga ketika kamu memiliki anak maka anak tersebut akan tumbuh dengan ilmu parenting yang baik yang kamu berikan, pemenuhan kasih sayang dari kedua orang tuanya, pemenuhan kehidupan kejiwaan anak dengan baik. Mengapa demikian: Anak akan bertumbuh dan berkembang tergantung dari pengajaran orang tua dan kehidupan orang tuanya, disamping pentingnya parenting anak juga ada faktor lain yang membuktikan tumbuh kembang anak juga akan mencontoh orang tuanya, itulah pentingnya menjadi diri dari versi terbaik serta siap dalam menjalin hubungan ke jenjang pernikahan. Lantas apakah orang yang tidak menikah tidak menjadi orang dalam veri terbaiknya? tentu tidak, orang yang tidak menikah tidak dapat disimpulkan untuk orang tersebut keterbelakangan mental atau mengalami kemunduran siklus kehidupan, sama sekali tidak.

Bayangkan jika semua orang menikah itu memiliki mindset seperti itu artinya siap secara mental dan lain sebagainya maka tumbuh kembang anak akan baik, lingkungan juga akan baik. 
Itukan untuk orang-orang yang dalam arti siap untuk melangkah menikah, bagaimana jika ada yang mengalami hamil diluar nikah? ya.... sekalipun demikian berkomitmenlah kepada pasanganmu untuk setia dan menjadi pribadi yang terbaik sehingga dapat mendidik anak dengan ilmu parenting yang baik.

Keberlangsungan hidup manusia dibumi bergantung pada kita semua, baik yang siap atau tidak siap untuk menikah serta memiliki anak atau yang memutuskan untuk tidak menikah, yaa... masa depan generasi bangsa ini ada ditangan kita. Pentingnya mendidik dengan ilmu parenting yang tepat sehingga terciptanya kehidupan generasi mendatang akan memiliki mindset yang luar biaasa dari orang-orang yang luar biasa.


Komentar

Postingan Populer