Cara Membuat Paspor Secara Online

Hello good people....
Sebelum ke tahap-tahap membuat paspor secara online mampir instagramku yuk klik disini
Yuuuk intip tips dan langkah-langkah membuat paspor secara online, hari gini membuat paspor gak lagi harus antri dari subuh untuk mengurus pembuatannya. Cukup menggunakan jari jemari dan foto/ scan dokumen yang dibutuhkan. Langsung aja yuuuk simak tahapannya berikut:

1. Download Aplikasi M-Pasppor



2. Daftar akun di aplikasi M-Paspor
  • Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk melanjutkan proses selanjutnya


3. Pastikan data diri diisi dengan benar.
  • Klik pengajuan permohonan dan persiapkan dokumen dalam bentuk foto atau scan diantaranya (E-KTP, Kartu keluarga, Akta lahir, Ijazah/Akta Perkawinan/ Buku Nikah/ Surat Baptis)
  • Pastikan data pendukung yang diminta dalam kondisi semua data baik nama, alamat, tanggal/bulan/tahun lahir sama. Tanpa ada perbedaan.
  • Apabila terdapat perbedaan satu huruf atau satu angka maka pengajuan paspor tidak akan dapat diproses oleh petugas pada saat wawancara di kantor imigrasi dan resiko financial yaitu pembayaran yang telah dilakukan pada proses pengajuan pendaftaran di aplikasi tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu dipastikan sebelum melakukan pengajuan pembuatan paspor baru dilakukan pengecakan terlebih dahulu.
  • Apabila terdapat data yang tidak sama maka pemohon diwajibkan untuk melakukan pengurusan perubahan data sesuai dengan data yang diterbitkan, misal nama terdapat perbedaan pada E-KTP dan di Kartu Keluarga, maka langkah pertama memastikan data di disdukcapil setempat untuk data yang benar, apakah di E-KTP atau di Kartu Keluarga, sehingga dapat dilakukan pergantian salah satunya. dengan catatan data di E-KTP dan di Kartu Keluarga yang salah satunya sudah sesuai harus sama dengan data yang ada di Akta Lahir.
  • Setelah dipastikan semua data pada dokumen telah sama maka ikuti proses pengisian data yan diminta dengan hati-hati dan cermat, kesalahan pengisian data pada aplikasi juga akan berakibat fatal pada proses berikutnya.


4. Pilih kantor imigrasi dan waktu kedatangan
  • Ketika proses pengisian data telah selesai maka akan ke tahap berikutnya yaitu melakukan pemilihan kantor imigrasi dan jam kedatangan.
  • Waktu terbaik untuk melakukan pengajuan pendaftaran paspor adalah hari jum'at karena biasanya dari pihak kantor imigrasi akan membuka kuota pada hari jum'at.
  • Pastikan jari jemari harus lebih gesit pada bagian ini karena akan berebutan kuota dalam reservasi dan tentukan pilihan untuk melakukan pengajuan paspor biasa atau paspor elektronik.

5. Rincian biaya layanan dan pembayaran
  • Melakukan pengecekan ulang pada tahap ini baik keseluruhan isian nama dan data lainnya sebelum  melakukan pemilihan jenis paspor dan memilih metode pembayaran.
  • Metode pembayaran dapat dilakukan di mobile banking, mesin ATM, ataupun di teller bank dengan memperhatikan jangka waktu yang telah ditetapkan untuk melakukan pembayaran.


6. Tips lolos pemberkasan dan wawancara
  • Pastikan mencetak lembar bukti pembayaran yang terdapat di aplikasi atau di e-mail.
  • Pastikan membawa asli dan fotokopi berkas pendukung (E-KTP, Kartu keluarga, Akta lahir, Ijazah/Akta Perkawinan/ Buku Nikah/ Surat Baptis)
  • Pastikan membawa asli surat keterangan domisili bagi E-KTP bukan di domisili pengajuan paspor.
  • Pastikan membawa asli dan fotokopi surat keterangan kerja & ID Card kerja atau project yang dikerjakan bagi freelancer
  • Berpakaian dengan rapi, disarankan menggunakan kemeja atau blazer pada saat pemotretan dan wawancara oleh petugas di kantor imigrasi karena kan sayang aja kalau paspornya sudah jadi fotonya dan pakaiannya kurang oke, oh iya ini juga menambah keyakinan petugas pada saat melakukan wawancara
  • Menjawab setiap pertanyaan dari petugas dengan jujur, biasanya ditanya tinggal dimana dan tidak sedikit petugas akan meminta surat keterangan domisili ketika alamat E-KTP tidak sama dengan domisili pengurusan paspor, hal tersebut juga untuk menambah keyakinan petugas  background job (kerja dimana, bisa juga ditanya gajinya berapa, sudah bekerja berapa lama, dll) oleh karena itu disarankan membawa surat keterangan kerja untuk memperkuat argumen yang kita berikan kepada petugas serta menambah keyakinan petugas untuk tidak menolak permohonan kita.

Langkah-langkah dan tips di atas merupakan pengalaman pribadi penulis.
Instagram : Klik disini
Portofolio : Klik disini



















Komentar

Postingan Populer