Solo Traveling Backpacker Ke Bangkok Thailand

Hello guys... disini aku mau cerita pengalaman pribadi untuk solo traveling ala backpacker ke Negeri Gajah Putih (Thailand). Oh iya, untuk perbedaan waktu Bangkok Thailand sama Jakarta gak ada perbedaan jam, bedanya aku di Thailand sendiri dia di sana sama yang lain, eeeeaaaa hahahahahah kan bucin jadinya. Nanti aku  rinci yaa semua perjalananku.... yang jelas menyenangkan dan menegangkan hahahhaa... Untuk mata uang di Bangkok Thailand itu namanya "Thai Baht atau biasa disebut baht" Langsung aja ya...

Day 1 (Jum'at, 12 Agustus 2022)
Dimulai dari berangkat ke airport tanggal 12 Agustus 2022 Pukul kurang lebih aku berangkat jam 10.00 WIB dari kosan menuju stasiun MRT terdekat, trus berhenti di stasiun MRT BNI City karena mau naik kreta bandara yang harganya murah. Oh iya, anw untuk tips hemat perjalanan dari kosan bisa cek highlight di instagram aku ya hehehe klik disini , kalau sudah sampai di stasiun kreta bandara di bandara soekarno hatta, lebih baik naik shuttle bus atau kreta kalayang yang sudah beroperasi. Sekali lagi ya, demi menghemat ongkos karna traveling ala backpacker. ternyata pesawat delay sampai jam 19.00 WIB. Sambil menunggu pesawat delay, menyempatkan untuk keliling terminal 3 CGK Soekarno Hatta, karena tidak pernah menginjakkan kaki di terminal 3 untuk rute penerbangan international, maklum jiwa katroknya keluar hehehhe.... Oh iya sebelumnya waktu di imigrasi bandara CGK Soekarno Hatta sempat ditanya-tanya dan juga banyaknya imigran gelap yang menuju ke negara Kamboja makanya agak diperketat ditambah aku seorang diri lagi, ditambah lagi passporku ini baru dan dari staff imigrasinya sempat tanya passpor lama, wkwkwkwk banyak kan plus plusnya, umoung aja  pesawatnya delay pas proses imigrasi cukup memakan waktu di sesi interview demi keamanan bersama. Salut sih sama staff garda terdepan gerbang negara yang sangat peduli sama warganya.

Tibalah boarding dan sampai di bandara Don Mueng di Bangkok Thailand, lanjut menuju imigrasi Bangkok dan berjalan lancar tidak ada yang ditanya-tanya atau dipersulit. Oh iya pas di dalam pesawat kira-kira pengumuman mau landing, aku cepet-cepet ganti sim card lokal Bangkok biar turun langsung cuuusss.... sampai di Bangkok Thailand sudah tengah malam dan keluar bandara sudah sepi, sempat survey dan tanya-tanya ke temen kalau udah gak ada trasportasi umum disarankan naik grab car dan payment bisa pake kartu kredit lebih praktis dan sudah ke kurs otomatis. akhirnya cobalah pake grab car untuk ke hostel. oh iya, aku nginap di hostel ya teman-teman bukan hostel. bedanya nanti aku ceritain terpisah ya. Aku di hostel BRB Hostel Bangkok Silom, tempatnya lumayan dekat sama transportasi buswaynya di negara itu jalan kaki cuma 100-200 M udah sampe ke halte bus, dan kalau malam banyak foodstreet disekitar hostel ini jadi gak perlu jauh-jauh. karena sampai hostel udah tengah malam dan last minutes mau closed untuk staffnya, Prise the Lord aku masih bisa check in dan staffnya baik humble, suka ngobrol mbak-mbaknya hehehe

Day 2 (Sabtu, 13 Agustus 2022)
Hari ke dua di Bangkok tapi berasa hari pertama karena hari pertamanya datengnya tengah malam hehehe,,,, naaah aku bawa bekel dari Jakarta yaitu Sosis beberapa buah sama snack ringan kayak soJoy dll hehehe gak di endors ya. Breakfast aku gak include jadi gak dapet ya temen-temen jadi aku bangun pagi liat hp masih mager trus mainan hp sebentar, naah kira-kira jam 10 an baru aku mandi dan keluar cari makan tapi pengen ke Mall Platinum yang terkenal surganya belanja bagi kaum hawa, akhirnya aku putuskan sekalian jalan-jalan dan makan di food court di platinum mall. Hal pertama yang pengen aku cobain itu makan Manggo Sticky Rice, pengen coba makan itu di negara asalnya hehehe, kesan pertama enak dan oh iya lupa teman-teman, untuk transportasi selain MRT dan BTS (Sky Train) itu masih menggunakan uang cash dan bener-bener cash haahhahaha. So... temen-temen harus survey yah untuk traveling-traveling kalau ke luar negeri apalagi solo traveler dan backpacker harus dipersiapkan matang.
First impresion untuk makan manggo sticky rice sih enak dan oke juga dilidah dan bersahabat juga di lambung hehehe btw kalau harga di kelas mall itu 100 Baht tapi kalau diluar mall bisa dapet 50 baht.
Setelah dari platinum mall aku langsung pulang ke hostel untuk istirahat.
Malamnya aku sebenernya masih capek dan mager keluar tapi jiwa penasaranku meronta-ronta untuk pergi ke food street di china town, meskipun agak jauh aku datengin hahahaha. Banyak makanan non halal tapi yang halal juga ada kayak seafood-seafood gitu juga ada, aku cobain makan seafood yang antrinya panjang dan emang rasanya seenak itu, gak ada aroma atau rasa amis-amisnya itu seafood, nagih banget pokoknya. Berangkatnya lancar tapi pulangnya sok punya ide dan akhirnya nyasar sejauh 1 km naik bus dan berhenti di tempat yang gak tau namanya hahaha liat google map akhirnya ada bus datang ke arah hostel, and finally pulang tengah malam sampenya.

Day 3 (Minggu, 14 Agustus 2022)
Aku udah plan untuk seharian pergi ke Chatucak Market dan berhubung ini market bukanya cuma pas weekend doank makanya ini hari terakhir buka di minggu ini gak akan aku sia-siakan unutk pergi kesana, pas sampe yaaa first impression sih memang luas banget dan memang lokasinya itu tidak bertingkat melainkan terhampar luas dan lebar banget bisa googling ya berapa luasnya hahahah gak sempet ngukur kemarin. naah aku coba menyusuri setiap bagian dan aku bisa ambil gambaran kalau pasar ini persis kayak pasar tanah abang hahahahah ya mirip-mirip gitu deh dari segi kualitas dan harga karena model pasar trifting atau barang second tapi gak sedikit juga toko yang menjual barang kw super ataupun buatan sendiri. Di sana aku beli teh yang terkenal yaitu thai tea dan rasanya mantap sih hehehehe trus aku beli teh mentahnya untuk dibawa pulang. oh iya sempet beli celana pendek seharga 100 baht hahahahah. dan malamnya coba cari makan food street gitu dan pulang malam ke hostel naik transportasi yang legend yaiut "tuk-tuk" yaaa mirip-mirip bemo sih hehehe tapi sempat ngrasain juga naik tuk-tuk.

Day 4 (Senin, 15 Agustus 2022)
Hari ini aku plan untuk seharian ke wat arun dan wat pho, nah... aku selama di Bangkok Thailand untuk arah dan kemana-mana menggunakan google map karena disana lebih praktis dan tingkat akurasinya aku bilang sih 100% dari nomor kendaraan dan menggunakan transportasi apa lebih lengkap, kunci utama untuk seorang solo traveler itu survey dan peedee alias percaya diri. Jangan keliatan kayak orang linglung atau bingun nanti ditipu atau istilahnya kena scam tapi kabar baiknya untuk temen-temen yang mau berkunjung ke Thailand orangnya baik-baik kok dan selama aku di Thailand gak pernah ketipu sama orang atau mungkin ada pengalaman dari traveler lain tapi aku gak ada, beberapa kali naik bus malah gak bayar hahaha antara aku yang gak dimintain atau memang petugasnya yang males nanya karena rata-rata gak bisa bahasa inggris atau memang busnya yang gratis gak tau juga sih tapi ya sudahlah anggap saja itu bonus. ke wat arun dan wat pho menyenangkan banget cuaca cerah dan panas cocok banget untuk foto-foto buat yang suka narsis eeeiitts tapi aku lebih setuju statement kalau kita WAJIB mengabadikan setiap moment dimana kita menginjakkan kaki ditempat baru karena belum tentu kita bisa kesitu lagi disamping untuk kenang-kenangan hehehe. Singkat cerita pulang dari wat arun dan wat pho pas perjalanan pulang tiba-tiba hujan dan lagi dikapal kayu jadi agak ngeri tapi asyik, niatnya masih nyantai sore-sore jadi gak bisa, akhirnya aku putuskan untuk pulang aja ke hostel. Hujan sampe malam gede banget gak berhenti-berhenti sampe jalan ke hostel keujanan.

Day 5 (Selasa, 16 Agustus 2022)
Hari ini aku paginya bermalas-malasan dulu karena capek, terus siangnya aku mau pindah ke hotel heheheh masa iya gak bisa tidur di hotel yang agak mentereng diki tapi tetep budgeting nomor satu hahahaha, itu namanya jiwa sosialita tapi budget pas-pasan, naaah jadi ceritanya aku udah plan hari ini untuk agak santai, siang check out dari hostel dan pindah ke hotel yang ada kolam renangnya, akhirnya aku bisa ngrasain renang trus sambil nunggu kamar yang ready aku renang dulu di roofttop, pemandangannya cakep banget, trus sorenya jam 3 an baru aku jalan ke asiatique, buat foto-foto sih rencananya kesana hahaha karena free entry, puas foto-foto sampe magrib baru pulang dan ke platinum mall buat cari oleh-oleh, naaah berhubung sampe platinum mall udah malam sekitar jam 8an malam dan udah banyak toko yang tutup jadi akhirnya beli kaos di luar mall dan masih dapet harga yang worth it sih. Trus beli manggo sticky rice untuk dibawa pulang. hahahaha sesuka itu gak tuh sampe dibawa pulang. Finally pulang ke hotel yang agak mewah dikit pas didepan BTS hahaha

Day 6 (Rabu 17 Agustus 2022
Hari ini merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tau gak sih temen-temen, ketika di Negara orang, saat 17an itu pengen nangis aja bawaannya, gak tau kenapa rasanya pengen nangis, dan aku memang udah plan untuk ikut upacara di Kedutaan Besar Indonesia di Thailand. Saking semangatnya, jam 7 pagi udah sampai di Embassy of Republic Indonesia. Pas upacara pengen nangis tapi gak bisa hahahah , sampai jam 11 menikmati moment 17an bersama masyarakat Indonesia yang ada di Thailand, ada yang kerja, ada yang kuliah, ada juga yang atlet jadi bisa ngobrol bareng sama mereka, berasa punya keluarga hehehe. Karena kemarin ke platinum gak dapet oleh-oleh dan ada waktu untuk beli oleh-oleh, akhirnya aku mutusin untuk pergi ke Big C dekat platinum mall pas rencana pulang ke bandaranya, bayangin aja bawa koper buat beli oleh-oleh tapi pede aja sih karena banyak juga yang kayak gt wkwkwkwkwk. udah dapet oleh-oleh murah dan dirasa banyak baru deh naik bus ke bandara.
Btw di bandara pas ngantri check in maskapai ngobrol sama tante-tante gaul yang udah berpengalaman traveling ke eropa dan asia... waaah seruh banget tau bisa ngobrol dan berbagi cerita, itulah indahnya solo traveling, semua orang yang ditemui diajak ngobrol dan mau pergi kemana aja bebas hahahaha.
Akhirnya dapet kenalan mbak-mbak dan rumahnya lumayan deket, dan sampai di Jakarta juga udah tengah malam jadi aku ditawarin pulang bareng karena dia dijemput suaminya naik mobil jadi rejeki banget ketemu orang-orang baik selama perjalanan. Mbaknya banyak cerita tentang travelingnya, seru banget pokoknya.

Thailand

Day 1 (12 Agustus 2022)

250 baht grabcar airport-BRB (visa)

500 baht deposit hotel

Day 2 (13 Agustus 2022)

10 baht minum mineral

20 baht busD

33 baht mrt brgkt

30 baht mrt plg

49 mnum mineral+pasta gigi (29)

10 baht pengamen

Day 3 (14 Agustus 2022)

22 baht  MRT & BRT berangkat

100 baht  kaos

230 baht tea

100 baht  celana pendek

22 baht  MRT & BRT pulang

100 baht tuktuk

40 baht Makan

Day 4 (15 Agustu 2022)

50 baht makan

5 baht nyebrang wat arun-wat pho

5 baht nyebrang wat pho-wat arun

60 baht makan

Day 5 (16 Agustus 2022)

70 baht makan&minum

59 baht makan+minum di 7eleven

35 baht thai tea

37 baht grab (visa)

Day 6 (17 Agustus 2022)

30 baht bts chong nonsi-national stadium

85 baht hot lime tea

60 baht lunch at Big c

kurs yang aku pake waktu itu 1 baht = Rp.450,-
Hostel dan hotel relatif bisa di cek di aplikasi travel agent
Hostel =  BRB Hostel Bangkok Silom
Hotel  =  I residence hotel silom
Uang cash dalam bentuk mata uang THB sebanyak 4.000 Baht dan masih sisa.
Info lebih lanjut bisa cek Linkedin
atau juga mampir ke Instagram
FYI ada satu atau dua yang gak sempat tercatat di pengeluaran harian tapi yang jelas dibawah 5 pengeluaran yang tidak sempat tercatat.

Semoga menjadi referensi untuk pergi ke thailand, dan memang ini aku konsennya hanya pergi ke Bangkok aja dan kalau memang teman-teman mau pergi ke phuket atau ke pantai yang ada di Bangkok bisa banget dengan waktu 6D5N, untuk info dan referensi lain temen-temen juga bisa baca postingan temen-temen traveler yang lain ya...  thank you 😊